Sabtu, 15 Oktober 2011

Menangis

Curahatan kecil :


Kalian masih ingat tidak kejadian saat aku dan kak debor menangis..??
Mungkin sudah lupa...

Akan aku ingatkan kembali kejadian nya..
           
            Pada saat menjelang hari kemedekaan negara tercinta kita ini.Mami mengikuti latihan padus untuk mengisi suara pada acara tersebut.Watu itu adalah hari rabu,aku lupa tanggal berapa.Pelajaran kita pada saat itu adalah matematika,komputer BK,english,dan bahasa indonesia.Naah..pelajaran BK pun sedang berlangsung pada saat itu.Bu Nuur menyuruh Debora untuk mengetik nilai-nilai siswa dari seluruh kelas diruang komputer bawah.Debora mengajak ku untuk ikut dengannya.
            Dua jam pun berlalu...
Banyak pembicaraan kita yang kita omongin berdua mulai dari dapat anak pintar yang mendapat beasiswa,orang yang bersekolah di Jerman,tentang salju,Dubai,hingga masalah pekerjaan orang lain.Bel pun berdering..Sudah menandakan mulainya pelajaran bahasa Indonesia.Kami pun berdua masuk kelas.Tapi yang paling tidak enak adalah teman sebangku ku Sri duduk dengan mami.Tak apalah..sambil menahan haus dan lelah kami duduk dibelakang mereka.

            “Kalian berdua abis dari mana siih,kasian tuh Sri sendirian..?” kata mami
           
            “Kita abis ngetik mam disuruh ma Bu Nuur,banyak banget mam.” kata debora
           
            “Lah..mami kan disini ma Sri kan?” kata ku
           
            “Mami tadi abis latihan padus,kasian tau Sri sendirian,emang ga bisa satu orang aja yang ngetik,ga usah berdua.”kata mami sambil menghadap kearah muka kita berdua sambil jutek dan langsung membalikkan badan setelah itu.

Tiba-tiba aku mengecilkan suara ku agar tidak didengar oleh mami dan Sri.
            “Yan,mami marah yah..” kata debor
           
            “iya kali..gimana mau ngetik satu orang,banyak banget begitu yang diketik juga.Lagian mami kenapa ninggalin Sri.Kalau kita ga boleh ninggalin dia.Males banget gue jadinya..” kata ku sambil ngedumel
           
            “Lagian nih yan... Sri berbaur kek ke yang lain.Gimana kalau enggak ada kita disekolah ini.Massa dia mau diem aja gitu sendirian.Ke kelompoknya uthe kek kalo enggak ke raras.Bingung gue jadinya..” kata debor sambil bebisik
           
            “Niih..debor ya.Seharusnya dia itu tanya kek ke yang lain jangan cuma sama ke kita,ellena,m.m,nanda.Biar dia bergaul ama yang lain.Jadi biar kalau ga ada kita tuuh lebih gampang jadinya” kataku hampir mau nangis
           
Tiba-tiba aja pembicaraan ku mengarah ke nona intan yang baru pindah sekolah.
           
            “Deb,lu tau gak pas gue nangis yang ngomong ma nona ampe anak-anak pada rusuh.Gue cerita semalam ma nona,gue sms dia begini.non makasih ya udah denger cerita gue waktu itu,sumpah non dada gue lega banget.Terus dia balesin gini.Iya dian sama-sama,yaah..dian kalo inget-inget kejadin itu gue jadi sedih lagi yan.Aku bales dengan kalimat ini,non lu tau gak,bagi gue lo itu enak diajak curhat.Kata nona.Yan,lo ngomong bgini apa karna gue dah pergi.Kataku.Enggak    non ya Allah.Gitu deb....ceritanya.Pas gue cerita ke nona,dia itu cuma diam..dan diam...sampe nunggu gue bener-bener selesai ngomong.Gue aja ni deb,ga tau kalo dia ampe nangis juga.Ya Allah..” kata ku sambil menunduk dan merapatkan tangan ke meja agar tidak ketahuan orang lain kalau sedang menangis.

Debora pun ikut menangis mengikuti cara ku itu sambil menepuk-nepuk pundak ku.Terdengar suara raras menyuruh anak-anak untuk mengerjakan tugas b.Indo mencatat pidato upacara senin kemarin.Aku dan Debor menghiraukan hal itu,kami pun melanjutkan cerita kita.
            “Yan,gue tu kangen sama temen-temen SMP gue.Dulu gue sering curhat ke mereka.Sekarang gue ga bisa curhat banyak-banyak lagi,mami udah ga mau dengerin.Padahal,gue tuh maunya ada yang dengerin gue cerita yan..gapapa  kalo ga ditanggepin.Makanya pas lu bilang mau pindah ke Malang waktu itu.Gue sedih banget..ga ada lagi orang yang deket ma gue kalo mami ma sri lagi marah.Cuma elo yang bisa ngertiin gue kalo gue buat masalah ma mereka.”kata debor sambil menangis deras.

Saat itu aku melihat kebelakang sambil menunduk.Sarah sempat melihat kearahku.Dengan cepat aku menghindar tatapannya itu.Dari belakang dia mengasih kita beberapa tissue.Terus dia berbicara dengan keras.”Gak usah nangis ngapa ,Yan.Cerita apaan si lu berdua??”.Kami masih menunduk.Tapi anak-anak udah mulai berisik menanyakan kami berdua kenapa menangis.
            “Yan,orang lain aja lebih perhatian tau sama kita.Mami malah ga nengok sama sekali ke kita.” Kata debor

Aku berdua menulis tugas b.Indo melihat bukunya Melani.Bel pulang pun berdering..tugas kami sudah di kumpulkan.Tapi yang kulihat malah mami ga ada.
            “Yan,ke kamar mandi yok,mau benerin kerudungan nih.” Kata ku
            “Ya,Sri keliatan banget ga abis nangis,mami mana ?” sambil menunjukan mataku
            “mami ke perpus liat drama korea,keliatan banget lo ngapa nangis..”
            “Biasa keluarga,Sri.”
            “Yaelah..lebay banget siih lo berdua.Kadang nih yan gue berfikir banyakan mana sihh masalah gue sama masalah             mereka.Gue kalo ada masalah yaudah gue diemin aja..gue nikmatin aja.

Aku ke perpus dan memeluk mami untuk pamit pulang.
           
            “De,abis nangis berdua ya ma debor,kenapa..?”
            “Itu masalah yang ade aku itu mam.”
            “Yang mana,de..?
            “Mella mam,aku cerita ke dia pas dia meninggal.”
            “Oh..yang itu.Mami mah..orang pertama ya de yang denger kamu cerita.”kata mami sambil tersenyum
            “Iya”sambil menganggukan kepala dan merasa bersalah karna telah berbohong
              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar