Minggu, 17 Juli 2011

Mengapa aku pelajar??


Yang perlu aku jelaskan disini merupakan  bagian dari kehidupan seorang pelajar seperti yang lainnya.Menurut kalian pelajar itu bagian dari kehidupan kita yang mana..? Pentingkah status pelajar itu...?.Setiap orang pasti pernah merasakan menjadi seorang pelajar,walaupum mereka itu adalah orang yang tidak bersekolah sama sekali disepanjang kehidupannya.Orang yang tidak bersekolah disebut juga sebagai pelajar,mungkin dia sekolah luar formal yang tidak sama seperti kita.Contohnya  menjahit,pemulung,pembantu,dan lain-lain.Mengapa bisa disebut begitu? Karena mereka itu juga belajar bagaimana caranya bisa bertahan hidup.Mereka tidak bersekolah karena diakibatkan oleh orang tua yang tidak bisa bertahan hidup hingga saat ini,sampai akhirnya anak-anak dari orang tua mereka lah yang menjadi korban.Seharusnya,kita yang masih bisa bersekolah bersyukur kita tidak menjadi korban karena hal itu.Bahkan,aku bangga dengan statusku sebagai seorang pelajar.Kadang kala,kita tidak puas dengan tempat belajar kita,mungkin dikarenakan gurunya,tempat sekolahnya,dimata orang buruk,jalanan menuju kesana tidak bagus,didaerah perkampungan,ditempat kumuh,transportasinya susah,dan banyak lagi beribu alasan kalian.Tapi coba perhatikanlah keluar,banyak orang yang tidak beruntung seperti kita,masih banyak sekolah yang tidak layak untuk tempat belajar,masih banyak yang berjalan jauh puluhan km hanya untuk sekolah,dan masih banyak orang yang tidak mampu untuk bersekolah.Minggu kemarin, aku melihat program tv acara “kick andy”.Yang aku simpulkan setelah menonton acara itu adalah sebagian besar keberhasilan bukan dari asal tempat sekolahnya,melainkan bagaimana cara kita menyikapi pembelajaran yang kita dapatkan dari sekolah.
Hal yang dilakukan pelajar selain belajar adalah menyontek atau meng-copy paste milik orang lain.Menyontek sudah menjadi umum atau bahkan sudah menjadi kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh sebagian pelajar.Budaya contek-menyontek sudah menge-cap ditanah air kita.Apakah kalian tidak malu...??.Aku akui aku menulis note ini bukan menyindir orang yang melakukan itu.Bahkan,aku sendiri pun menyontek.Ada sedikit rasa malu menulis kata “menyontek” itu.Kesannya aku  telah mencuri sebuah bohkahan emas milik orang lain.Terkadang saat aku sedang melakukan tindakan penyimpangan premier itu,seketika sedang menyalin jawaban,hati kecil ku tidak ingin menulis,tapi hasratku masih ingin melihatnya lagi,lagi,dan lagi.Merasa seperti orang malas yang tidak tahu aturan sekolah.
Coba,anda jelaskan mengapa anda menyontek..?? Apakah karena takut dihukum oleh guru karena tidak mengerjakan tugas,atau karena hobby,atau juga anda sedang terkena penyakit yang bernama malas.Melakukan itu sama saja tidak mendapatkan nilai murni diri sendiri.Sekarang berada dimanakah nilai-nilai otak kita selama menjadi pelajar yang disenangi oleh penduduk seluruh dunia.Apakah kita masih pantas disebut pelajar yang baik..??.Bertindak tawuran,memakai narkoba,mencuri,mencotek,melawan guru,membolos,dan hal-hal lain yang buruk.Kalau begini terus-menerus mengapa aku disebutkan sebagai pelajar..??   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar